Analisis Faktor-Faktor Keputusan Pembelian Produk Melalui Media Sosial Facebook (Studi Pada Konsumen di Bandung Raya)

Format: Bachelors
Terbitan: #CREATOR_ORGNAME# , 2022
Subjects:
Online Access: http://digilib.polban.ac.id\/download.php?id=42052
Daftar Isi:
  • Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi berdampak pada beberapa bidang, salah satunya adalah dalam berjualan dan berbelanja di masyarakat. Di era modern ini, tahun 2020, masyarakat memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam berbelanja melalui internet. Tempat berjualan tersebut dapat ditemukan di E-Commerce, marketplace, atupun bisnis online. Salah satu tempat online shop adalah facebook. Selain untuk bersosialisasi, facebook juga dapat dijadikan untuk berbelanja secara online, hal tersebut yang menjadikan peneliti membuat judul penelitian “Analisis Keputusan Pembelian Produk Melalui Media Sosial Facebook (Studi Pada Konsumen di Bandung Raya). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor apa yang paling tinggi mempengaruhi konsumen dalan memutuskan membeli suatu produk melalui media sosial facebook dan mengetahui faktor apa yang paling rendah mempengaruhi konsumen dalan memutuskan membeli suatu produk melalui media sosial facebook. Penelitian ini dilakukan kepada konsumen yang pernah membeli suatu produk melalui media sosial facebook yang berada di wilayah Bandung Raya, dengan sampel sebanyak 100 responden. Penelitian ini berjenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan secara deskriptif. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa survei dengan istrumen kuesioner yang disebar secara online. Pengolahan data penelitian menggunakan aplikasi SPSS. Pada penelitian ini, memiliki variabel yaitu keputusan pembellian dengan jumlah tujuh faktor yaitu jumlah produk, bentuk produk, merek, penjualan, jumlah produk, waktu pembelian, dan cara pembayaran,Sunyoto (2013:85-86).Hasil penenelitian ini adalah faktor yang paling tinggi mempengaruhi adalah penentuan waktu pembelian yang berada dikategori sangat baik, dan faktor yang paling rendah mempengaruhi adalah penentuan jumlah produk yang memiliki nilai rata-rata jawaban yang paling rendah dibandingkan factor lainnya.