perancangan nosel scramjet dengan menggunakan metoda karakteristik
Format: | Bachelors |
---|---|
Terbitan: |
#CREATOR_ORGNAME#
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.polban.ac.id\/download.php?id=37179 |
Daftar Isi:
- Perkembangan ilmu Aerothermodinamika telah membawa babak baru dalam manufaktur mesin berkecepatan tinggi, salah satu yang terkenal dan masih dikembangkan hingga saat ini adalah mesin Scramjet. Spesifik impuls, kemampuan manuver dan power to weight ratio yang tinggi membuat mesin ini diunggulkan dibandingkan mesin roket. Namun dibalik keunggulannya masih terdapat beberapa kelemahan,diantaranya terdapat pada expansion system; energy losses dan tidak ada gaya dorong untuk starting mach number 3.5-5. Dengan permasalahan ini penulis tertarik melakukan perancangan nosel dengan jenis bell-shape nozzle agar mampu menghasilkan gaya dorong ⥠drag yang terjadi, dan juga effisiensi nosel lebih dari 80%. Perancangan ditujukan untuk range operasi 4-8 mach. Sehingga proses perhitungan analitik dan juga komputasi numerik berada pada 2 kondisi tersebut. Setelah perhitungan, kemudian dilakukan validasi dengan Ansys dan Numeca. Model turbulensi yang digunakan adalah K-epsilon extended wall. Selain itu terdapat penentuan ruang bakar dengan variasi jumlah injektor agar desain nosel berada pada performa terbaiknya. Hasil dari penelitian adalah effisiensi 94,9% dan 90,1% serta gaya dorong 16,033 KN dan 323,2 KN untuk masing-masing kondisi. Validasi komputasi numerik dan perhitungan analitik menunjukan error sebesar 4,5%.