Pengaruh Sosialisasi Pelayanan Listrik Terhadap Tingkat Pemahaman Listrik Prabayar Di Pt Pln (Persero) Distribusi Jawa Barat

Format: Bachelors
Terbitan: #CREATOR_ORGNAME# , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.polban.ac.id\/download.php?id=15869
Daftar Isi:
  • Melihat fenomena yang terjadi tidak sedikit pelanggan yang mengeluhkan mengenai listrik prabayar sehingga mereka berpandangan bahwa PLN kurang melakukan sosialisasi. Berdasarkan teori menurut Sudaryono (2012:22) salah satu faktor yang mempengaruhi pemahaman ialah faktor eksternal yaitu sosialisasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar sosialisasi pelayanan listrik terhadap tingkat pemahaman listrik prabayr di PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat. Penelitian ini dilaksanakan pada pelanggan listrik prabayar di PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat dengan jumlah responden 100 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode penelitian survei dengan teknik pengumpulan data primer menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa sosialisasi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pemahaman pelanggan listrik prabayar. Hubungan ini menunjukkan bahwa jika sosialisasi yang diberikan oleh PLN baik/tinggi, maka akan diikuti pula dengan pengingkatan pemahaman pelanggan dalam penggunaan listrik prabayar, dan begitupun sebaliknya. Kata kunci: Sosialisasi, Pemahaman