Evaluasi Penerapan Balanced Scorecard Sebagai Tolok Ukur Pengukuran Kinerja Pada Rumah Sakit Berstatus Badan Layanan Umum (Studi Kasus pada Rumah Sakit Mata Cicendo Bandung)

Format: Bachelors
Terbitan: #CREATOR_ORGNAME# , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.polban.ac.id\/download.php?id=28844
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengukuran kinerja dengan menggunakan pendekatan balanced scorecard yang hasilnya dapat digunakan untuk mengevaluasi kinerja dari suatu organisasi publik. Penelitian ini dilakukan berdasarkan empat perspektif yang terdapat pada Balanced Scorecard, yaitu perspektif pertumbuhan dan pembelajaran, perepektif proses internal bisnis, perspektif pelanggan, dan perspektif keuangan. Objek penelitian ini adalah Rumah Sakit Mata Cicendo Bandung sebagai salah satu Badan Layanan Umum di Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner untuk sub perspektif pelanggan saja dan dokumentasi untuk perspektif lainnya. Penelitian ini mengambil data selama 3 tahun, yaitu tahun 2015, 2016, dan 2017. Hasil penelitian menunjukan bahwa kinerja Rumah Sakit Mata Cicendo Bandung dilihat dari (1). Perspektif pertumbuhan dan pembelajaran dari indikator kapabilitas karyawan dapat dikatakan baik, namun untuk indikator retensi karyawan masih dinilai kurang baik. (2). Perspektif proses internal bisnis dilihat dari indikator Kelengkapan Rekam Medik 24 jam selesai pelayanan, Pengembalian Rekam Medik, Angka kebutaan ≥ 48 jam, dan PODR menunjukan kinerja dengan kriteria baik, sedangkan indikator BOR, ERTR, dan ALOS menunjukan kriteria cukup baik. (3). Perspektif pelanggan dilihat dari indikator retensi pelanggan dan akuisisi pelanggan menunjukan kriteria cukup, sedangkan untuk indikator kepuasan pelanggan pada perkembangannya menunjukan kinerja sudah baik. (4) Perspektif keuangan dilihat dari indikator likuiditas dan aktivitas masih menunjukan kriteria baik, sedangkan indikator solvabilitas, rentabilitas dan Cost Recovery menunjukan kinerja dengan kriteria cukup baik. Kata Kunci: Balanced Scorecard, Pengukuran Kinerja, Rumah Sakit, Badan Layanan Umum.