Tinjauan Faktor-Faktor Keputusan Pembelian Konsumen (Studi pada Pengguna GrabFood di Kota Bandung)
Format: | Bachelors |
---|---|
Terbitan: |
#CREATOR_ORGNAME#
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.polban.ac.id\/download.php?id=42224 |
Daftar Isi:
- Munculnya aplikasi online food delivery merupakan dampak dari kecanggihan teknologi serta tingginya pengguna internet. Beberapa lembaga riset menunjukkan bahwa, pada tahun 2019 GrabFood berada pada urutan kedua sebagai aplikasi Online Food Delivery. GrabFood merupakan market follower sebagai jasa pengantaran makanan berbasis aplikasi. Sebenarnya masyarakat bisa memutuskan menggunakan aplikasi lain yang lebih pioner, namun faktanya masih ada masyarakat yang memutuskan menggunakan GrabFood. Oleh karena itu, dilakukan penelitian ini yang bertujuan untuk mengetahui persepsi tentang faktor-faktor yang menyebabkan keputusan konsumen menggunakan GrabFood. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini melibatkan 100 responden yang merupakan pengguna serta pernah melakukan pembelian menggunakan GrabFood di Kota Bandung. Adapun data penelitian ini menggunakan data primer yang diambil dari kuesioner dan data sekunder yang diambil dari berbagai literatur. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data yang telah terkumpul akan diolah dan disajikan dengan perhitungan statistika ke dalam bentuk distribusi frekuensi. Hasil analisis deskriptif yang diolah menggunakan SPSS 17.0 menunjukkan bahwa, keputusan konsumen menggunakan GrabFood di Kota Bandung yang ditentukan oleh faktor pemasaran, sosial, dan psikologis berkategori tinggi. Hal ini mengindikasikan bahwa baik dari sisi pemasaran, sosial, dan psikologis telah menyebabkan keputusan pembelian konsumen yang tinggi dalam menggunakan fitur GrabFood. Hasil analisis juga menunjukkan bahwa faktor psikologis merupakan faktor tertinggi dan faktor sosial merupakan faktor terendah.