Penanganan Komplain Pelanggan Telkomsel di Bagian Complaint Handling Contact Center (CC) Telkomsel Bandung

Format: Bachelors
Terbitan: #CREATOR_ORGNAME# , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.polban.ac.id\/download.php?id=28539
Daftar Isi:
  • Di era globalisasi, persaingan bisnis tidak dapat dihindari, termasuk dalam customer service. Untuk bersaing dalam customer service, penanganan komplain di CC Telkomsel Bandung harus dilakukan secara baik dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penanganan komplain pelanggan Telkomsel di bagian Complaint Handling CC Telkomsel Bandung. Penelitian ini menggunakan metode analisis statistik deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan di bagian Complaint Handling CC Telkomsel Bandung yang terdiri dari 102 orang karyawan. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada 102 responden. Hasil dari pengumpulan data dilakukan uji validitas, uji reliabilitas, dan analisis statistik deskriptif. Dimensi yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tanggap, rentang waktu, komitmen, keadilan, menguasai pengetahuan, dan menguasai diri. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penanganan komplain pelanggan Telkomsel di bagian Complaint Handling CC Telkomsel Bandung tergolong baik dengan nilai rata-rata sebesar 4,14. Dimensi rentang waktu mendapatkan nilai rata-rata tertinggi sebesar 4,65 sedangkan dimensi menguasai pengetahuan mendapatkan nilai rata-rata terendah sebesar 3,39. Kata Kunci: customer service, penanganan komplain.