Analisis Kualitas Pelayanan Online Shopping (Kasus pada Pengguna Situs Jual Beli Online Tokopedia.com di Bandung)

Format: Bachelors
Terbitan: #CREATOR_ORGNAME# , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.polban.ac.id\/download.php?id=21390
Daftar Isi:
  • Salah satu fenomena e-commerce di Indonesia adalah dengan munculnya situs jual beli online. Pesatnya perkembangan e-commerce di Indonesia semakin memacu persaingan antara para pelaku bisnis di dunia maya. Oleh karena itu, memberikan pelayanan terbaik merupakan suatu upaya situs bisnis online dalam menciptakan kepuasan pelanggan. Salah satu jenis e-commerce yang berkembang di Indonesia adalah Tokopedia.com. Tokopedia.com merupakan online marketplace yang memungkinkan setiap individu dan pemilik bisnis di Indonesia membuka dan mengurus toko online mereka secara mudah dan bebas biaya, sekaligus memberikan pengalaman jual beli online secara aman dan nyaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan online shopping di Tokopedia.com. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Data penelitian yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengguna Tokopedia.com di Bandung. Sampel yang digunakan adalah pengguna Tokopedia.com di Bandung yang pernah melakukan pembelian secara online di Tokopedia.com lebih dari satu kali dan diambil sebanyak 100 responden berdasarkan perhitungan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data yaitu dengan kuesioner. Metode uji data yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memberikan bukti empiris tentang pengaruh kelima dimensi terhadap variabel kualitas pelayanan elektronik tersebut diantaranya Efisiensi (X1) mean 3,733, Pemenuhan Kebutuhan (X2) mean 3,960, Ketersediaan Sistem (X3) mean 3,407, Privasi (X4) mean 3,410 dan Kompensasi 3,873 (X5). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variable kualitas pelayanan online shopping di Tokopedia.com tergolong baik. Kata kunci: kualitas pelayanan, efisiensi, pemenuhan kebutuhan, ketersediaan sistem, privasi, dan kompensasi.