Pengaruh Media Sosial Terhadap Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Konsumen Secara Online Pada Masa Pandemik Covid19

Format: Bachelors
Terbitan: #CREATOR_ORGNAME# , 2021
Subjects:
Online Access: http://digilib.polban.ac.id\/download.php?id=39701
Daftar Isi:
  • Transaksi belanja online di Indonesia meningkat seiring dengan peningkatan dalam jumlah penggunaan internet dan pengguna media sosial. Semakin banyaknya pengguna media sosial termasuk brand-brand ternama yang mulai menjadikan media sosial sebagai media pemasaran membuat banyak konsumen yang menggunakan media sosial baik untuk mencari informasi mengenai suatu produk atau jasa maupun saat melakukan pembelian. Orang-orang semakin menyukai belanja online dengan banyaknya manfaat yang didapatkan dengan berbelanja online khususnya pada masa pandemik Covid19 yang menmbuat orang-orang disarankan untuk melakukan karantina mandiri di rumah. Akan tetapi, belum diketahui dengan jelas bagaimana media sosial memengaruhi konsumen dalam proses pengambilan keputusan pembelian secara online. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana media sosial memengaruhi proses pengambilan keputusan pembelian secara online. Data primer diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada 168 pengguna media sosial dan yang pernah atau sering melakukan pembelian secara online selama masa pandemik Covid19. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data pada penelitian ini dianalisis dengan menggunakan regresi linear sederhana. Hasil analisis pada penelitian ini menunjukkan bahwa media sosial berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap setiap tahapan dalam proses pengambilan keputusan pembelian online. Dimensi media sosial pada penelitian ini mampu menjelaskan proses pengambilan keputusan pembelian online sebesar 59,4%. Kata kunci: Belanja Online, media sosial, proses pengambilan keputusan pembelian online.