Analisis Elemen Elemen Ekuitas Merek Teh Botol Sosro (Studi Pada Konsumen Teh Botol Sosro di Bandung)

Format: Bachelors
Terbitan: #CREATOR_ORGNAME# , 2022
Subjects:
Online Access: http://digilib.polban.ac.id\/download.php?id=42220
Daftar Isi:
  • Saat ini ada banyak produk minuman teh dalam kemasan yang beredar di Indonesia dengan berbagai macam jenis dan varian rasa, namun hanya merek yang memiliki nilai yang tinggi yang selalu menjadi pilihan bagi konsumen. Semakin kuat suatu merek, maka semakin banyak orang yang akan memilih merek tersebut. Merek yang kuat akan memiliki ekuitas merek yang kuat pula. Teh Botol Sosro merupakan pelopor produk minuman teh dalam kemasan di Indonesia yang selalu mendapatkan market share terbesar di Indonesia dan menduduki peringkat pertama dalam Top Brand Index kategori minuman teh dalam kemasan. Namun dalam lima tahun terakhir persentase market share Teh Botol Sosro semakin menurun, bahkan Top Brand Index Teh Botol Sosro dikalahkan oleh merek pesaing. Hal ini telah mengindikasikan telah terjadi perubahan kondisi ekuitas merek Teh Botol Sosro. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui lebih dalam mengenai kondisi elemen-elemen ekuitas merek Teh Botol Sosro di Bandung dan mengetahui dimensi ekuitas merek yang memiliki nilai tertinggi dan terendah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah seratus orang dengan teknik penentuan sampel purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kusioner (angket). Penyajian data dilakukan menggunakan perhitungan mean, standar deviasi, nilai maksimum dan nilai minimum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi elemen-elemen ekuitas merek Teh Botol Sosro berada dalam kategori baik dengan nilai mean tertinggi dimiliki oleh dimensi brand association yang termasuk dalam kategori baik dan nilai mean terendah dimiliki oleh dimensi brand loyalty yang termasuk dalam kategori cukup baik.