Pengaruh Brand Image Produk Private Label Terhadap Kepuasan Pelanggan (Kasus Pada Konsumen Produk Private Label Toserba Griya Di Kota Bandung)

Format: Bachelors
Terbitan: #CREATOR_ORGNAME# , 2017
Subjects:
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana pengaruh brand image produk private label terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 112 konsumen produk private label YOA di Toserba Griya Kota Bandung, dengan menggunakan metode non-probability sampling jenis judgement sampling. Pengumpulan informasi dalam penelitian ini dilakukan dengan kuisioner dan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif, korelasi, regresi, koefisien determinasi, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Brand image produk private label YOA berada pada kategori rendah atau buruk karena memiliki nilai mean 2,60. Dimensi favorability memiliki nilai mean tertinggi sebesar 2,82 dan masuk kategori cukup. Sedangkan dimensi uniqueness memiliki nilai mean terendah yaitu 2,28. Kepuasan pelanggan terhadap produk private label YOA berada pada kategori cukup karena memiliki nilai mean yaitu 2,77. Dimensi ekspektasi merupakan dimensi yang memiliki nilai mean tertinggi yaitu sebesar 2,95. Sedangkan dimensi persepsi memiliki nilai mean terendah yaitu sebesar 2,22. Sebanyak 81,3% pelanggan menyatakan tidak puas terhadap produk private label YOA. Pengaruh brand image terhadap kepuasan pelanggan berada pada kategori rendah dengan nilai sebesar 15% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil analisis menunjukkan bahwa brand image memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan. Kata Kunci: Brand image, kepuasan pelanggan, private label, Toserba Griya Bandung.