Analisis Kualitas Pelayanan Program Kemitraan Di Unit Community Development Center PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk Witel Bandung
Format: | Bachelors |
---|---|
Terbitan: |
#CREATOR_ORGNAME#
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.polban.ac.id\/download.php?id=19764 |
Daftar Isi:
- PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk merupakan salah satu BUMN di Indonesia yang menyelenggarakan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL). Unit yang bertanggung jawab dalam pengelolaan PKBL di PT Telekomunikasi Indonesia,Tbk adalah Community Development Center (CDC). Unit CDC di PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk Witel Bandung hanya menjalankan Program Kemitraan yang memiliki tugas memberikan pinjaman kepada usaha kecil agar menjadi tangguh dan mandiri. Kualitas pelayanan merupakan hal yang penting dalam melayani agar mitra binaan tersebut merasa puas. Namun, kualitas pelayanan di unit CDC masih kurang baik karena masih banyak keluhan dari mitra binaan. Untuk itu, penelitian ini membahas mengenai kualitas pelayanan pada unit CDC dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden. Skala instrumen yang digunakan yaitu skala Likert dan metode analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa kualitas pelayanan pada unit CDC PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk Witel Bandung sudah baik. Namun demikian, masih ada yang perlu diperbaiki seperti lokasi yang sulit ditemukan oleh mitra binaan, seringnya datang terlambat dan istirahat melebihi batas waktu, tidak bisa menepati kesepakatan sesuai dengan pengajuan pinjaman dana, pengarahan kepada mitra untuk mengisi prosedur persyaratan peminjaman dana kurang jelas, dan terdapat beberapa kesalahan petugas dalam menjaga kerahasiaan data.