Pengaruh Hedonic Shopping Motivations Terhadap Online Impulse Buying Pada E-Commerce (Studi Kasus Pada Konsumen Shopee Di Jabodetabek Dan Bandung Raya)
Format: | Bachelors |
---|---|
Terbitan: |
#CREATOR_ORGNAME#
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.polban.ac.id\/download.php?id=39697 |
Daftar Isi:
- Perkembangan e-commerce berawal dari meningkatnya pengguna internet. E-commerce menyediakan pilihan cara berbelanja yang bersifat mudah, praktis, efisien dan cepat bagi masyarakat. Salah satu e-commerce yang hadir di Indonesia Shopee. Untuk dapat terus meningkatkan penjualan, manajemen Shopee harus membuat strategi yang dapat membantu penjualan agar terus meningkat. Salah satunya dengan meningkatkan online impulse buying para konsumennya. Online impulse buying merupakan pembelian online mendadak dan tiba-tiba yang dilakukan tanpa adanya niat untuk membeli sebelumnya. Hal yang dapat memicunya adalah hedonic shopping motivations karena konsumen kini lebih menyukai kegiatan belanja sebagai suatu rekreasi yang dapat memberikan kesenangan dan relaksasi. Hedonic shopping motivations itu sendiri merupakan motivasi konsumen untuk berbelanja karena rasa senang yang dirasakan dan hiburan yang diperoleh dari kegiatan berbelanja yang dilakukan. Oleh karena itu, pemahaman tentang hedonic shopping motivations dirasa penting saat ini karena banyak pembeli yang mencari aspek hiburan saat berbelanja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hedonic shopping motivations dan online impulse buying pada konsumen Shopee, dan mengetahui besarnya pengaruh hedonic shopping motivations terhadap online impulse buying. Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data primer didapatkan dengan mendistribusikan kuesioner kepada 385 orang konsumen Shopee yang telah melakukan pembelian minimal tiga kali di Shopee selama enam bulan terakhir serta berdomisili di Jabodetabek dan Bandung Raya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hedonic shopping motivations dan online impulse buying pada konsumen Shopee berada pada kategori tinggi. Hasil penelitian ini juga membuktikan bahwa hedonic shopping motivations berpengaruh secara signifikan terhadap online impulse buying pada konsumen Shopee di Jabodetabek dan Bandung Raya sebesar 23,7% dan sisanya 76,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang bukan menjadi fokus pada penelitian ini. Kata kunci: e-commerce, hedonic shopping motivations, online impulse buying, Shopee.