APLIKASI PENJUALAN ONLINE DAN KUSTOMISASI SEPATU BERBASIS WEB TOKO PIKOHIKO

Format: Bachelors
Terbitan: #CREATOR_ORGNAME# , 2013
Subjects:
Daftar Isi:
  • PikoHiko merupakan toko online yang bergerak dalam bidang penjualan sepatu wanita. Kegiatan utama pada toko ini yaitu pemasaran, penjualan, dan pengelolaan laporan. Selama ini proses pemasaran adalah dengan memanfaatkan jejaring sosial facebook, akibatnya calon konsumen kesulitan mencari sepatu yang diinginkan. Sementara untuk proses pemesana adalah dengan memanfaatkan message via facebook, comment foto pada facebook, layanan SMS, dan telepon, akibatnya adanya kemungkinan konsumen tidak menyertakan informasi yang dibutuhkan untuk keperluan pengiriman. Laporan penjualan, data sepatu, data konsumen, dan data transaksi dicatat secara manual di buku catatan, sehingga bila diperlukan pencarian terhadap data - data tersebut akan menjadi lebih sulit dan resiko kehilangan data menjadi lebih besar. Dilain pihak banyaknya model sepatu yang tersedia belum tentu dapat memenuhi keinginan konsumen sehingga perlu di-custom sesuai model yang diinginkan. Pendekatan yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan di atas adalah mengembangkan Aplikasi Penjualan Online dan Kustomisasi Sepatu Berbasis Web. Pada aplikasi ini diterapkan sarana pemasaran yang memberikan kemudahan kepada calon konsumen untuk mencari sepatu yang diinginkan, sarana pemesanan sepatu yang memandu konsumen untuk memberikan informasi yang dibutuhkan untuk keperluan proses pengiriman, dan sarana kustomisasi sepatu dengan menggunakan fitur yang telah disediakan serta sarana mengelola laporan data sepatu, konsumen, dan transaksi. Aplikasi dapat mengelola katalog sepatu sebagai sarana pemasaran, pendaftaran konsumen, dan pemesanan sepatu secara online yang memudahkan konsumen. Kata Kunci : Kustomisasi, Pemasaran, Penjualan Online, Pengelolaan Laporan