Pengaruh Tingkat Penerimaan Mobile Payment Terhadap Perilaku Belanja Generasi Milenial Dengan Niat Penggunaan Mobile Payment Sebagai Mediator (Studi Pada Pengguna OVO Payment)

Format: Bachelors
Terbitan: #CREATOR_ORGNAME# , 2022
Subjects:
TAM
Online Access: http://digilib.polban.ac.id\/download.php?id=44145
Daftar Isi:
  • Tingginya tingkat penerimaan mobile payment di Indonesia dibuktikan melalui perkembangan mobile payment yang sangat cepat sehingga menyebabkan perubahan perilaku belanja. Generasi milenial dinilai sebagai generasi yang paling sering membelanjakan uangnya dengan menggunakan mobile payment. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh dari tingkat penerimaan mobile payment terhadap perilaku belanja pada generasi milenial. Modifikasi TAM (Technology Acceptance Model) yang digunakan adalah perceived usefulness, perceived ease of use, dan social influence. Kuesioner disebarkan kepada 135 pengguna OVO yang berusia antara 18-38 tahun sebagai metode pengumpulan data. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara tingkat penerimaan mobile payment terhadap niat penggunaan mobile payment begitu juga dengan pengaruh niat penggunaan mobile payment terhadap perilaku belanja generasi milenial. Selain itu, ditemukan pula perceived ease of use merupakan dimensi yang paling dirasakan oleh pengguna OVO. Meskipun begitu, mobile payment perlu memperhatikan dimensi pengaruh sosial misalnya menggunakan influencer untuk memperkenalkan fitur dan juga layanan yang ditawarkan oleh mobile payment. Dalam penelitian ini juga ditemukan bahwa generasi milenial paling banyak membelanjakan uangnya untuk jasa pesan-antar makanan online. Kata Kunci: mobile payment, TAM, niat penggunaan mobile payment, perilaku belanja.