Penerapan Cost Volume Profit sebagai Dasar Perencanaan Penjualan untuk Mencapai Target Laba yang Diharapkan pada Konveksi Nolyco

Format: Bachelors
Terbitan: #CREATOR_ORGNAME# , 2022
Subjects:
Online Access: http://digilib.polban.ac.id\/download.php?id=41566
Daftar Isi:
  • Perencanaan penjualan yang baik pasti diperlukan oleh semua perusahaan demi tercapainya laba yang optimal, tidak terkecuali bagi Konveksi Nolyco. Meskipun Konveksi Nolyco termasuk jenis usaha kecil, namun perencanaan penjualan tetap harus dilakukan. Salah satu alat yang dapat digunakan untuk merencanakan penjualan berdasarkan target laba yang diharapkan adalah analisis cost volume profit. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu perusahaan mengestimasi tingkat penjualan yang harus dipenuhi untuk mencapai target laba yang diharapkan dengan menggunakan analisis cost volume profit. Analisis cost volume profit yang dihitung adalah contribution margin dan rasionya, break even point multiproduk, dan analisis target laba namun terlebih dahulu dilakukan penggolongan biaya berdasarkan perilakunya serta pemisahan biaya semivariabel ke dalam biaya variabel dan biaya tetap. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Data yang diperlukan dikumpulkan dengan metode wawancara dan dokumentasi serta di analisis menggunakan rumus perhitungan tertentu. Berdasarkan perhitungan yang dilakukan, contribution margin keseluruhan adalah sebesar Rp 320.692.404 dengan contribution margin ratio sebesar 20%. Break even point multiproduk dalam Rupiah adalah sebesar Rp 363.200.765. Sedangkan break even point multiproduk dalam unit adalah 6.160 unit. Untuk tahun 2020 Konveksi Nolyco mengharapkan laba sebesar Rp 284.596.344. Untuk mencapai hal tersebut, Konveksi Nolyco harus memperoleh pendapatan penjualan sebesar Rp 1.774.965.184 dengan menjual 30.105 unit produk dalam satu tahun.