Analisis Prosedur Pelaksanaan Rekrutmen dan Seleksi Karyawan Darat Baru Pada PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Gedung Garuda City Center, Soekarno-Hatta International Airport
Format: | Bachelors |
---|---|
Terbitan: |
#CREATOR_ORGNAME#
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.polban.ac.id\/download.php?id=15989 |
Daftar Isi:
- MSDM diperlukan untuk meningkatkan efektivitas SDM dalam organisasi, tujuannya membentuk satuan kerja yang efektif dengan menciptakan SDM yang berkualitas. Fungsi MSDM yang dapat menunjang terciptanya SDM berkualitas adalah rekrutmen dan seleksi. Rekrutmen merupakan proses pencarian tenaga kerja untuk mengisi kekosongan pekerjaan. Sedangkan seleksi adalah proses identifikasi sekelompok pelamar yang memenuhi kriteria seleksi. Dengan begitu diharapkan kedua proses tersebut dapat menjaring karyawan yang berkualitas (the right man on the right job). Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 orang karyawan darat berdasarkan fenomena maraknya penipuan rekrutmen, error pada sistem rekrutmen dan minimnya jumlah penyeleksi. Sehingga, tujuan penelitian ini untuk mengetahui prosedur pelaksanaan rekrutmen dan seleksi karyawan darat baru,mengetahui kendala yang sering ditemukan pada pelaksanaan rekrutmen dan seleksi dan menentukan upaya apa yang dapat diberikan untuk menangani kendala yang terjadi pada pelaksanaan rekrutmen dan seleksi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan analisis deskriptif yang didapat dari data primer dan sekunder. Hasil penelitian menunjukkan prosedur rekrutmen dimulai dari People Manager mengusulkan penambahan karyawan ke Business Partner, dilanjut pemeriksaan dana RKAP. Apabila RKAP mencukupi maka JKTIDP akan mengeluarkan memo dan People Manager akan mengisi form kebutuhan pegawai. Selanjutnya form ditandatangani direksi sampai seleksi dilakukan. Untuk prosedur seleksi dimulai dari seleksi administrasi, psikotest dan Bahasa Inggris,Wawancara Kompetensi, Wawancara User, Med-Ex, ASKAm, Pantuhir, Briefing Contract dan placement. Kendala yang harus mendapatkan perbaikan, diantaranya: dimensi kendala rekrutmen (mean 2,4800) , metode seleksi (mean 2,9), dan satu item pernyataan pada kendala seleksi (mean 2,8100). Perbaikan berupa pembuatan FAQ, pembaharuan sistem, publikasi klarifikasi penipuan dan penambahan jumlah penyeleksi. Kata Kunci : Business Partner, MSDM, People Manager, Rekrutmen, SDM, Seleksi,