ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN DI THE HIGHLAND PARK RESORT BOGOR
Format: | Bachelors |
---|---|
Terbitan: |
#CREATOR_ORGNAME#
, 2014
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Topik mengenai kualitas pelayanan terhadap kepuasan wisatawan dalam penelitian disebabkan adanya keluhan yang disampaikan oleh wisatawan di The Highland Park Resort Bogor, sehingga wisatawan merasa tidak puas. Berdasarkan hal tersebut, penulis tergerak untuk menganalisis kualitas pelayanan yang berada di The Highland Park Resort Bogor terhadap kepuasan wisatawan. Wisatawan merasa puas apabila telah mengunjungi suatu destinasi wisata dan mendapatkan kualitas pelayanan yang maksimal. Kualitas pelayanan tersebut terdiri dari lima dimensi yaitu, tangible, empathy, reliability, responsiveness dan assurance. Dalam penelitian, penulis melibatkan wisatawan The Highland Park Resort Bogor sebagai responden untuk menjawab kuesioner yang berkaitan dengan kualitas pelayanan dan kepuasan wisatawan. Adapun metode penelitian yang digunakan berupa data kuantitatif dan menggunakan teknik judgment sampling dan non probability sampling serta analisis deskriptif, frekuensi, korelasi dan regresi. Berdasarkan uji analisis yang telah dilakukan, kualitas pelayanan mempunyai pengaruh sedang terhadap kepuasan wisatawan, artinya ketika The Highland Park Resort Bogor memberikan pelayanan kepada wisatawan, disaat yang bersamaan wisatawan merasa cukup puas, sehingga penulis menyimpulkan, The Highland Park Resort Bogor memiliki beberapa pelayanan yang masih cukup dan cenderung baik, sehingga perlu memberikan perhatian lebih pada dimensi kualitas pelayanan yang memiliki nilai rendah, seperti pada dimensi tangible, empathy, reliability dan responsiveness dengan cara memberikan pelatihan khusus bagi pegawai mengenai service excellent, product knowledge dan membuat paduan khusus pelayanan.