Analisis Manfaat Efektivitas Sistem Informasi Akuntansi PPOB (Payment Point Online Bank) Dalam Peningkatan Pengendalian Internal Penerimaan Kas Pelanggan (Studi Kasus Pada Kantor Pusat PT.PLN Distribusi Jawa Barat Dan Banten)

Format: Bachelors
Terbitan: #CREATOR_ORGNAME# , 2021
Subjects:
Online Access: http://digilib.polban.ac.id\/download.php?id=38824
Daftar Isi:
  • Sistem Payment Point Online Bank merupakan fasilitas Bank yang umum telah digunakan oleh perusahaan retail atau manufactur untuk mempermudah proses penerimaan kas atas penjualan. PT. PLN DJBB telah menerapkan sistem PPOB(Payment Point Online Bank) dalam penerimaan kas atas tagihan listrik pelanggan. Penelitian ini ditujukan untuk menganalisis Efektifitas Sistem PPOB dalam peningkatan pengendalian internal penerimaan kas di PT. PLN DJBB pada tahun 2019. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif, sumber data yang digunakan yaitu data primer berupa hasil wawancara dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik analisis Huberman & Miles. Hasil penelitian ini memaparkan bahwa Sistem Informasi Akuntansi PPOB di PT.PLN Distribusi Jawa Barat dan Banten telah bekerja secara efektif sesuai dengan teori kualitas sistem, namun terdapat kendala dalam penggunaanya berupa delay transfer data, penyetoran bank mitra tidak real time dan offline jaringan seluler . Efektivitas Sistem PPOB memberi dampak dalam peningkatan pengendalian internal penerimaan kas terbukti dengan terpenuhinya unsur pengendalian internal penerimaan kas dan tercapainya tujuan atas penerapan sistem PPOB. Dengan adanya analisis ini dapat memberi kemudahan bagi perusahaan dalam menilai teknologi dan sistem pembayaran yang tepat. Mengingat sebuah sistem perlu diuji efektifitasnya seiring perubahan kebutuhan perusahaan yang mengikuti perubahan lingkungan bisnis perusahaan berada. Kata Kunci: payment point online bank, kualitas sistem, pengendalian internal penerimaan kas.