Perancangan Winglet pada Flying Wing dengan Konfigurasi VTOL Tail Sitter

Format: Bachelors
Terbitan: #CREATOR_ORGNAME# , 2021
Subjects:
Online Access: http://digilib.polban.ac.id\/download.php?id=38394
Daftar Isi:
  • Induced drag merupakan salah satu jenis drag pada pesawat udara yang memiliki kontribusi terbesar kedua setelah skin friction drag terhadap total drag. Terdapat beberapa metode yang bisa dilakukan untuk mengurangi induced drag yaitu dengan cara ; pemilihan plan form sayap, aspek rasio , dan pemasangan winglet. Pada Tugas Akhir (TA) yang diajukan yaitu mengurangi induced drag pada pesawat Flying Wing VTOL Tail Sitter dengan menggunakan winglet yang berfungsi juga sebagai dudukan pada pesawat tersebut. Jenis winglet yang akan digunakan adalah winglet Blended Split Winglet. Metode yang akan digunakan dalam penyelesaian Tugas Akhir ini adalah melakukan perhitungan analitik dan juga simulasi numerik dengan menggunakan CFD NUMECA. Pertungan analitik menggunakan lifting line theory untuk swept wing dan menggunakan simulasi numerik limited volume, simulasi ini dilakukan dengan beberapa variasi pada jenis airfoil, winglet span dan winglet swept angle pada kecepatan cruise 15 m/s dengan α=1 derajat. Dari hasil perhitungan analitik diperoleh bahwa winglet yang menunjukkan pengurangan induced drag terbesar yaitu pada sudut 65 derajat dengan winglet span 20% dari wing span yang dapat mengurangi Cd 6% dan menambah Cl sebesar 2.28%.