Pengaruh Kualitas Produk KartuHALO terhadap Kepuasan Pengguna (Studi pada GraPARI Telkomsel MTC Bandung)

Format: Bachelors
Terbitan: #CREATOR_ORGNAME# , 2017
Subjects:
Daftar Isi:
  • Setiap perusahaan menjalankan bisnisnya dengan memproduksi produk atau jasa dengan kualitas yang baik. Kualitas sangat penting bagi perusahaan oleh karena itu setiap perusahaan memiliki standar sendiri berdasarkan spesifikasi yang telah ditetapkan. Kualitas juga sangat penting bagi konsumen karena konsumenlah yang menentukan kebutuhan dan keinginan serta berkaitan erat dengan kepuasan yang akan dirasakan setelah menggunakan suatu produk. Kepuasan konsumen juga sangat penting bagi perusahaan karena perusahaan berusaha memberikan sesuatu yang dibutuhkan, diinginkan dan dicari oleh konsumen dan pada akhirnya konsumen akan merasa puas. Kepuasan juga sangat penting bagi konsumen karena merupakan sesuatu yang akan didapatkan dengan cara membandingkan harapan dengan kinerja produk yang telah dibeli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk KartuHALO terhadap kepuasan pengguna di GraPARI Telkomsel MTC Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dengan hasil yang menyatakan bahwa kualitas produk KartuHALO dan kepuasan pengguna di GraPARI Telkomsel MTC Bandung tergolong baik. Dari kedelapan dimensi dari variabel kualitas produk, dimensi performance memberikan kontribusi tertinggi yaitu 4,14 dan dimensi durability memberikan kontribusi terendah yaitu sebesar 3,86. Untuk kepuasan pengguna, dari tiga dimensi yang ada, dimensi emotional factors berkontribusi paling tinggi yaitu sebesar 4,02 dan dimensi harga berkontribusi paling rendah yaitu 3,66. Penelitian ini menggunakan kuesioner yang disebar kepada 270 responden. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh persamaan regresi Y=7,483+0,283X. Hasil penelitian menyatakan bahwa kualitas produk KartuHALO dan kepuasan pengguna memiliki hubungan positif yang kuat sebesar 0,582 dan kualitas produk KartuHALO mempengaruhi kepuasan pengguna sebesar 33,9%. Kata kunci: kepuasan pengguna, kualitas produk.