Analisis Kualitas Produk Indihome PT Telkom Indonesia, Tbk (Studi Pada Pengguna Indihome Di Wilayah Kota Bandung)

Format: Bachelors
Terbitan: #CREATOR_ORGNAME# , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.polban.ac.id\/download.php?id=34112
Daftar Isi:
  • Revolusi industri yang berkaitan dengan digitalisaasi memiliki visi "Indonesia 4.0", setiap pelaku industri harus bersaing untuk memberikan produk yang unggul dibandingan dengan kompetitor yang lain. Dalam persaingan tersebut pada tahun 2015, Telkom meluncurkan produk inovasi yaitu triple play (telepon, internet, televisi interaktif). Namun dari hasil observasi dan wawancara masih terdapat keluhan yang dirasakan oleh pengguna seperti sering mengalami gangguan. Indihome belum dapat digunakan secara maksimal pada saat hujan, jaringan yang masih dirasa belum stabil saat digunakan, dan tidak dapat memasang Indihome di daerah tertentu. Berdasarkan data yang ada, ditemukan bahwa semakin meningkatnya jumlah pengguna Indihome yang memutuskan untuk berhenti berlangganan paket layanan Indihome dalam waktu tiga tahun terakhir. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui nilai kualitas produk Indihome di Wilayah Kota Bandung. Kualitas produk dinilai menggunakan enam dimensi menurut Garvin (dalam Tjipptono, 2016) meliputi performance, features, reliability, conformance to specifications, serviceability, dan perceived quality. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, yang diolah menggunakan SPSS versi 22.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk Indihome termasuk kedalam kategori cukup tinggi. Dimensi performance merupakan dimensi tertinggi. Sedangkan dimensi reliability merupakan dimensi terendah, dengan kategori cukup tinggi. Oleh sebab itu, agar keandalan dari suatu produk Indihome terjaga hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keandalan dengan cara memasang kabel optik dengan standar sesuai dengan yang di janjikan, dan sebaiknya produk Indihome ditingkatkan lagi untuk dapat digunakan diatas 10 gigaHz. Selain itu, perlu adanya alat bantu repeater yang dipasang diatas menara listrik pada kawasan yang tidak mendapatkan sinyal sama sekali, agar produk Indihome dapat digunakan dengan baik. Kata Kunci: kualitas produk, pengguna Indihome, dimensi kualitas produk, produk Indihome.