Pengaruh Faktor Pribadi Terhadap Proses Keputusan Pembelian Selama Pandemik Covid-19 (Studi Pada Konsumen Shopee di Kota Bandung)
Format: | Bachelors |
---|---|
Terbitan: |
#CREATOR_ORGNAME#
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.polban.ac.id\/download.php?id=42006 |
Daftar Isi:
- Pada masa pandemik COVID-19 banyak perubahan yang dialami masyarakat Indonesia khususnya wilayah yang terdampak virus. Untuk memutus penyebaran virus, masyarakat dihimbau untuk berada dirumah. Selain pembatasan aktivitas, dampak lain yang dirasakan yaitu sekolah dan bekerja dilakukan dari rumah, bahkan ada perusahaan yang harus menghentikan karyawannya karena biaya omset yang menurun. Perubahan yang terjadi seperti gaya hidup, pekerjaan, dan keadaan ekonomi termasuk dalam dimensi faktor pribadi. Berbelanja merupakan sebuah kegiatan yang harus dilakukan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Pada masa pandemik COVID-19 terdapat alternatif belanja melalui internet, salah satunya melalui e-commerce Shopee. Shopee ialah suatu platform yang dirancang spesial untuk menyuguhkan pengalaman berbelanja online. Shopee termasuk salah satu e-commerce yang ada di Indonesia. Perubahan yang dialami masyarakat khususnya pada faktor pribadi memberikan pengaruh terhadap proses tingkat keputusan pembelian masyarakat salah satunya pada e-commerce. Penelitian bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh yang diberikan faktor pribadi terhadap proses keputusan pembelian konsumen Shopee di Kota Bandung selama masa pandemik COVID-19. Penelitian ini memakai metode penelitian analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penyajian data yang digunakan yaitu perhitungan rata-rata, standar deviasi, dan regresi linier sederhana. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan studi pustaka. Hasil penelitian yaitu variabel faktor pribadi mempengaruhi proses keputusan pembelian secara positif. Karena itu, perusahaan Shopee disarankan untuk lebih memperhatikan faktor pribadi konsumen agar layanan Shopee sesuai dengan keadaan yang dialami oleh konsumen. Untuk penelitian selanjutnya, diharapkan menggunakan variabel lain dengan tujuan menilai proses keputusan pembelian dari berbagai aspek.