PERENCANAAN STRUKTUR RANGKA BAJA, ANGGARAN BIAYA, PENJADWALAN DAN PENGAWASAN PEMBETONAN PADA KONSTRUKSI JEMBATAN KERETA API BH-1014 KM.279+239.78 LINTAS CIREBON-KROYA

Format: Bachelors
Terbitan: #CREATOR_ORGNAME# , 2015
Subjects:
Daftar Isi:
  • Untuk mewujudkan rencana pengembangan jaringan dan layanan kereta api antarkota, meliputi pembangunan jalur baru termasuk jalur ganda (double track) maka perlu dilakukan pembangunan jembatan kereta api. Jembatan kereta api BH-1014 KM.279+239.78 pada lintas Cirebon-Kroya merupakan salah satu jembatan yang akan dibangun dengan panjang total ±96.50 meter dimana bentang 76.50 meter terdiri dari struktur baja dan bentang 20 meter terdiri dari struktur beton pre stress dengan satu buah pilar di bagian tengah, sehingga diharapkan dapat mewakili secara keseluruhan tentang perencanaan suatu jembatan. Maka berdasarkan pertimbangan tersebut diambil pembahasan tugas akhir mengenai "Perencanaan Struktur Rangka Baja, Anggaran Biaya, Penjadwalan dan Pengawasan Pembetonan pada Konstruksi Jembatan Kereta Api BH-1014 KM.279+239.78 Lintas Cirebon-Kroya" sebagai topik Tugas Akhir Diploma-IV PPL, Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri Bandung. Dalam perencanaan struktur rangka baja jembatan BH-1014 ini dilakukan pemodelan struktur, dimulai dari analisa pembebanan yang terdiri atas beban mati (beban tetap), beban hidup (beban lokomotif dan kereta), beban angin. Pemodelan struktur dilakukan berdasarkan metode RM 1921 dan RSNI T-03-2005. Kemudian perhitungan rencana anggaran biaya (RAB), jadwal rencana pekerjaan, dan penyusunan sistem pengawasan pembetonan pondasi. Dari hasil pemodelan struktur diketahui bahwa kekuatan struktur rangka baja sudah memenuhi ketentuan dengan kapasitas rasio sebesar 0.497 ≤ 1 dan lendutan sebesar -88.808 mm ≤ δ ijin (-105.000 mm), pondasi menggunakan bore pile Ø 800 mm dan Ø1000 mm, abutment dan pilar menggunakan beton K-350 dan besi tulangan BJ-41, dinding penahan tanah menggunakan batu belah, struktur atas jembatan menggunakan rangka baja dan beton pre stress serta didapatkan rencana angaran biaya sebesar Rp 41,484,979,000,- (sudah termasuk PPN 10%), jadwal rencana selama 270 hari kalender dan metode pengawasan pembetonan pondasi yang mengacu pada standar internasional yaitu ISO 9001. Kata kunci : jembatan, struktur, biaya, pengawasan.