Efektivitas Program Kemitraan CSR PT Kereta Api Indonesia (Persero) Dalam Pengembangan Kemampuan Pemasaran UMKM

Format: Bachelors
Terbitan: #CREATOR_ORGNAME# , 2018
Subjects:
Daftar Isi:
  • PT. Kereta Api Indonesia (Persero) adalah salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang dimana diwajibkan melaksanakan program dari Corporate Social Responsibility (CSR). Salah satu program yaitu Program Kemitraan yang memberikan dana pinjaman modal kepada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sesuai dengan Peraturan Menteri BUMN No. PER-03/MBU/12/2016. Program ini bertujuan dalam pengembangan UMKM dan dapat meningkatkan kinerja UMKM menjadi tangguh dan mandiri. Permasalahan yang ditemukan dalam penelitian ini adalah belum maksimalnya Program Kemitraan CSR PT KAI khususnya di Daop 2 Bandung dalam pengembangan kemampuan pemasaran bagi UMKM binaan. Melihat dalam Permen BUMN bahwa tak hanya modal yang diberikan, pembinaan maupun pelatihan serta pemasaran harusnya dilakukan dan sudah ada ketentuan yang dianggarkan dengan beban dana pembinaan. Metode yang digunakan adalah menggunakan pendekatan kualitatif yaitu dengan wawancara mendalam pada UMKM binaan PT KAI. Dari hasil analisis data menggunakan content analysis, disimpulkan bahwa Program kemitraan PT KAI belum efektif dalam pengembangan kemampuan pemasaran UMKM binaan. Oleh karena itu, penulis mengajukan beberapa saran untuk memaksimalkan pelaksanaan program kemitraan diantaranya adalah pembentukan tim untuk pembinaan dan pengawasan kegiatan usaha UMKM binaan dan pelatihan mengenai pemasaran dengan terfokus pada pemasaran elektronik dan branding. Kata Kunci: Program Kemitraan, UMKM, Kemampuan Pemasaran.