Pembuatan Aplikasi Sistem Informasi Pengelolaan Surat Masuk Dan Surat Keluar Berbasis Desktop Dan Client Server Pada Bagian Kepegawaian Sekretariat Badan Geologi Bandung
Format: | Bachelors |
---|---|
Terbitan: |
#CREATOR_ORGNAME#
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.polban.ac.id\/download.php?id=24466 |
Daftar Isi:
- Pada era globalisasi saat ini, majunya perkembangan teknologi informasi yang terjadi semakin pesat menyebabkan penggunaan teknologi semakin marak digunakan oleh instansi maupun perusahaan guna mendukung peningkatan produktivitas suatu pekerjaan. Salah satu instansi yang dipandang perlu untuk mengaplikasikan teknologi tesebut adalah Badan Geologi Bandung yang memiliki tugas untuk memberikan pelayanan di bidang geologi, sedangkan Sekretariat Badan Geologi Bandung lebih khususnya Bagian Kepegawaian yang mengelola berbagai macam informasi mulai dari pegawai hingga keadaan wilayah di Indonesia masih menggunakan sistem manual khususnya untuk pengelolaan surat masuk dan surat keluar, yakni menggunakan buku agenda. Sehingga staff TU Kabag dan staff Administrasi Subbagian sering kewalahan dalam penanganan surat tersebut, berkaitan dengan pencatatan,penyimpanan, dan pencarian surat. hal tersebut terlihat dari banyaknya masalah yang ditimbulkan oleh sistem manual tersebut. Untuk itu, dibuatlah aplikasi sistem informasi pengelolaan surat masuk dan surat keluar yang bertujuan agar mempermudah pengelolaan surat dari pencatatan, pendisposisian hingga pencarian surat. Setelah aplikasi selesai dibuat dan telah melalui tahap uji coba, maka dapat disimpulkan bahwa aplikasi penanganan surat masuk dan surat keluar ini dapat mengatasi kekurangan-kekurangan yang terjadi saat menggunakan buku agenda manual. Kata Kunci: Aplikasi Teknologi, Informasi, Pengelolaan Surat Masuk dan Surat Keluar.