Sistem Adaptive Cruise Control pada Mobil Remote Control
Format: | Bachelors |
---|---|
Terbitan: |
#CREATOR_ORGNAME#
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.polban.ac.id\/download.php?id=13643 |
Daftar Isi:
- Adaptive cruise control (ACC) adalahsuatusistempengaturankecepatanmobil yangs ecara otomatis dapat melakukan penyesuaian kecepatan untuk menjaga jarak aman dengan mobil yang berada didepannya.Adaptive cruise control (ACC) merupakan perbaikan dari sistem cruise control yang telah ada sebelumnya yang hanya mempertahankan kecepatan yang diinginkan. Pada proyek akhir telah dirancang dan direalisasikan suatu sistem ACC dengan menggunakan ATMega 328.ATMega 328 berfungsi untuk mengolah data yang berasal dari sensor ultrasonik, mengatur kecepatan dan menentukan jarak aman.Untuk mendeteksi jarak dengan mobil yang berada didepannya, sistem ACC ini menggunakan sensor ultrasonik. Jangkauan pengukuran maksimal sensor ultrasonik yang digunakan adalah 400 cm. Pengaturan kecepatan motor pada system ini dilakukan dengan metoda PWM. Untuk uji coba sistem ACC ini diaplikasikan pada mobil remote kontrol.Berdasarkan hasil pengujian sensor diketahui bahwa pembacaan sensor paling stabil adalah pada jarak kurang dari 1 meter, sedangkan untuk jarak yang lebih jauh hasil pengukuran berubah-ubah. Pengujiansistem ACC keseluruhan, dilakukan dengan mensimulasikan 3 skenario.Skenario pertama mobil ACC berjarak 1 meter dengan mobil didepannya dan mobil ACC mempunyai kecepatan lebih tinggi. Skenario kedua mobil ACC berjarak 40 cm dengan mobil didepannya dan kecepatan mobil ACC lebih rendah. Dan scenario ketiga mobil ACC berjarak 1 meter dengan mobil didepannya dan pada awalnya kecepatan mobil ACC lebiht inggi, selanjutnya tiba-tiba mobil yang berada didepannya berhenti. Dari ketiga scenario pengujian tersebut didapatkan hasil bahwa sistem ACC telah mampu menyesuaikan kecepatan untuk menjaga jarak aman dengan mobil yang berada didepannya. Kata kunci: Adaptive Cruise Control, remote control, ultrasonik, mikrokontrollerATMega 328, PWM.