Analisis Kualitas Pengalaman Wisatawan Terhadap Pertunjukan Di Saung Angklung Udjo

Format: Bachelors
Terbitan: #CREATOR_ORGNAME# , 2017
Subjects:
Daftar Isi:
  • Wisata kreatif menjadi salah satu sektor yang akan semakin berkembang dimasa yang akan datang, dimana wisata ini merupakan wisata yang unik yaitu proses produksi dan konsumsi jasa merupakan interaksi antara wisatawan sebagai konsumen dan penyedia jasa sebagai produsen. Penelitian ini dilakukan di perusahaan penyedia wisata kreatif Saung Angklung Udjo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi wisatawan terhadap pengalaman yang didapatkan dari pertunjukan yang disajikan oleh Saung Udjo, dengan menggunakan responden yaitu wisatawan yang datang dari berbagai Daerah diantaranya Bandung dan sekitarnya, Luar Bandung dan Luar Negeri. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif untuk mendeskripsikan persepsi wisatawan terhadap pengalaman pertunjukan, serta analisis T-tes dan ANOVA untuk mengetahui perbedaan persepsi antara wisatawan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa persepsi wisatawan terhadap pengalaman yang didapatkan sudah baik dan positif. Selanjutnya, hasil uji beda menunjukkan bahwa terdapat perbedaan persepsi antara wisatawan berdasarkan pendidikan terakhir pada dimensi escape, peace of mind, involvement dan interactivity. Selain itu juga diketahui terdapat perbedaan persepsi antara wisatawan berdasarkan asal daerah terhadap pelayanan. Lebih spesifik lagi, hasil analisis menunjukkan terdapat satu dimensi yang memiliki nilai paling terkecil diantara yang lainnya yaitu dimensi escape. Dimensi ini menjelaskan tentang keterbebasan wisatawan dari rutinitas sehari-harinya serta jangkauan jarak menuju Saung Udjo, sehingga penulis mengambil indikator pada dimensi escape ini yaitu “lokasi yang mudah dijangkau” sebagai bahan untuk membuat luaran penelitian, yaitu menciptakan papan penunjuk jalan. Hal ini bertujuan untuk mempermudah wisatawan menjangkau lokasi Saung Angklung Udjo. Kata Kunci: Wisata kreatif, Persepsi, Pengalaman.