Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Menggunakan Jasa Arnes Shuttle Di Kota Bandung

Format: Bachelors
Terbitan: #CREATOR_ORGNAME# , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.polban.ac.id\/download.php?id=34084
Daftar Isi:
  • Seiring dengan tingginya mobilitas penduduk dari satu wilayah ke wilayah lainnya memberikan efek langsung terhadap berkembangnya bisnis di sektor jasa transportasi khususnya jasa shuttle travel. Arnes Shuttle merupakan salah satu jasa shuttle travel di Kota Bandung yang melayani point to point dengan memiliki 8 rute dan layanan pengiriman barang. Berkembangnya jasa shuttle travel, memberikan peluang bisnis bagi para perusahaan jasa transportasi. Faktanya sejak dibangun insfrastruktur jalan di Indonesia pada tahun 2019, persaingan antar shuttle semakin ketat yang mana banyak bermunculannya shuttle-shuttle baru di Kota Bandung yang memiliki keunggulan dibanding jasa yang ditawarkan Arnes Shuttle seperti lebih mudah dalam reservasi, lebih murah, pool nyaman, dan pelayanan baik. Dengan kondisi persaingan yang sangat ketat, Arnes Shuttle perlu mengetahui tingkat faktor-faktor keputusan konsumen dalam menggunakan jasa shuttle, karena dengan mengetahui tingkat faktor-faktor tersebut Arnes Shuttle dapat memperbaiki faktor apa saja yang perlu ditingkatkan kembali demi merebut pangsa pasar. Analisis ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data analisis berasal dari data primer berupa kuesioner, observasi dan wawancara serta data sekunder berupa sumber pustaka. Dalam pengujian data, peneliti menggunakan uji validitas, uji reliabilitas dan analisis deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam menggunakan jasa Arnes Shuttle terdiri dari: pemasaran, sosial dan psikologis yang mana secara keseluruhan berada pada kategori baik. Dari ketiga faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen, faktor psikologis merupakan faktor yang paling mendominasi dibandingkan faktor lainnya. Kata kunci: Faktor keputusan konsumen, jasa, shuttle travel.