Perancangan Pembuatan Pedoman Dan Program Aplikasi Penanganan Surat Masuk Pengajuan Perawatan Dan Proyek Berbasis Web Di Bagian Office Building Maintenance And Development PT Sansan Saudaratex Jaya
Format: | Bachelors |
---|---|
Terbitan: |
#CREATOR_ORGNAME#
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.polban.ac.id\/download.php?id=20230 |
Daftar Isi:
- Peran pedoman adalah untuk memberikan acuan dalam mengerjakan sesuatu, karena dengan adanya pedoman dalam suatu organisasi alir kerja dari setiap pekerjaan akan lebih tersetruktur dan tertata dengan prosedur yang lebih baik dalam operasional kerja perusahaa. Peran sistem informasi manajemen adalah untuk mempercepat penyampaian informasi sehingga dapat membantu organisasi atau manajemen untuk mempercepat dalam mengambil keputusan. Selain itu, SIM berperan untuk membantu agar pekerjaan kantor dapat berjalan sesuai dengan tujuan yang ditetapkan oleh organisasi.. salah satu pekerjaan kantor tersebut adalah penanganan surat. Penanganan surat sebagai salah satu kegiatan rutin dan penting di bagian Office Building Maintenance and Development masih dilakukan secara manual dan belum terdapatnya pedoman dalam menangani surat masuk. Dalam penangananannya masih dilakukan secara manual dan sederhana, sehingga sekretaris sering kali menghabiskan banyak waktu untuk menyampaikan, menyimpan, mencari dan mengontrol surat. Hal tersebut tercermin dari sering terjadinya kehilangan surat. Oleh karena itu, perlu dibuat suatu pedoman penanganan surat masuk dan kemudian dikembangkan ke dalam program aplikasi penanganan surat masuk berbasi web yang digunakan untuk memecahkan masalah penanganan surat masuk di bagian Office Building Maintenance and Development. Perancangan proyek terdiri dari perancang pumbuatan pedoman penanganan surat masuk dan perancangan pembuatan aplikasi terdiri dari perancangan DFD sebagai alat bantu proses, sedangkan ERD dibutuhkan untuk mengetahui hubungan antar tabel database. Setelah dirancang buku pedoman dibuat dan program aplikasi dibuat dengan menggunakan software Sublime Text 3. Hasil dari pembuatan proyek ini adalah berupak buku pedoman penanganan surat masuk dan untuk aplikasi berupa form-form yang terdiri dari form pencatatan surat yang mampu menyimpan dan menampilkan informasi lebih banyak dibandingkan denga buku agenda dan form laporan berisi data surat masuk yang telah dicatat. Setelah program selesai dibuat dan telah melalui tahap uji coba, maka dapat disimpulkan bahwa program aplikasi penanganan surat ini dapat mempermudah dan mempercepat sekretaris dalam menyimpan, menyampaikan dan mencari surat. Kata Kunci: Pedoman, Aplikasi Pembuatan, Penanganan, Surat, Web.