Studi Kesadaran Merek Pada Situs Bukalapak.com
Format: | Bachelors |
---|---|
Terbitan: |
#CREATOR_ORGNAME#
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.polban.ac.id\/download.php?id=24886 |
Daftar Isi:
- Situs Bukalapak.com adalah salah satu situs jual beli online yang ada di Indonesia. Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena yang ditemukan. Situs Bukalapak.com belum menjadi situs terbaik di Indonesia, belum menjadi top brand situs jual beli online dan dalam pilot study masih terdapat masyarakat yang belum mengetahui keberadaan situs Bukalapak.com. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi situs jual beli online yang menjadi top of mind yang berada di benak masyarakat Kota Bandung dan untuk mengidentifikasi seberapa jauh tingkat kesadaran masyarakat Kota Bandung mengenai situs jual beli online Bukalapak.com yang dilihat dari tingkatan brand awareness yaitu top of mind, brand recall, brand recognition dan unware of brand (Durianto dkk., 2004). Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner. Kuesioner tersebut disebarkan kepada 205 responden secara acak di Kota Bandung dengan demografi berupa jenis kelamin laki-laki atau perempuan, usia 17-25 tahun, 26-35 tahun, 36-45 tahun dan lebih dari 45 tahun, serta berbagai pekerjaan responden. Hasil penelitian ini diketahui bahwa top of mind situs jual beli online di Indonesia adalah Olx.co.id sebesar 38,5%. Kesadaran responden mengenai Bukalapak.com ternyata masih pada tingkat brand recognition karena diukur dengan diberikan bantuan dari pertanyaan dengan menyebutkan ciri-ciri Bukalapak.com. Maka, sebagai luaran dan rekomendasi, penulis merancang sebuah event untuk meningkatkan kesadaran merek Bukalapak.com. Kata kunci : Bukalapak.com, Situs Jual Beli Online, Kesadaran Merek, Puncak Pikiran.