Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) Terhadap Loyalitas Pelanggan Di PT Astra International Tbk,-Toyota Sales Operation (Auto 2000 Cabang Suci) Bandung
Format: | Bachelors |
---|---|
Terbitan: |
#CREATOR_ORGNAME#
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.polban.ac.id\/download.php?id=24790 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini membahas mengenai hubungan antara Customer Relationship Management (CRM) dengan loyalitas pelanggan di PT Astra International Tbk.- Toyota Sales Operation (AUTO 2000 Cabang Suci) Kota Bandung. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana CRM dan loyalitas pelanggan di PT Astra International Tbk.- Toyota Sales Operation (AUTO 2000 Cabang Suci) Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan regresi linier. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu menggunakan sumber primer dan sekunder. Sumber primer berupa hasil kuesioner dan observasi. Sedangkan sumber sekunder meliputi literatur kepustakaan melalui buku-buku, data perusahaan, internet dan data yang berhubungan dengan objek penelitian. Populasi penelitian ini adalah pelanggan AUTO 2000 Cabang Suci di bulan Maret. Teknik Sampling yang diambil adalah accidental random samplingdengan jumlah 102 responden. Teknik accidental random sampling merupakan teknik penentuan sampel yang dilakukan secara acak dan kebetulan, dengan kata lain semua anggota populasi memiliki peluang untuk menjadi sampel. Dalam penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 10%. Hasil perhitungan regresi dengan menggunakan bantuan SPSS 21.0 menghasilkan persamaan Y = -0,929 + 0,819X dan dapat diinterpretasikan bahwa ketika X (CRM) bernilai 0, maka Y (Loyalitas Pelanggan) bernilai -0,929. Sedangkan apabila X (CRM) meningkat sebesar satu satuan, maka Y (Loyalitas Pelanggan) akan meningkat sebesar 0,819.Pengujian hipotesis yang dilakukan menunjukkan bahwa tingkat signifikansi <α dimana 0,013< 0,05 maka H0 ditolak atau Ha diterima. Kata Kunci: Customer Relationship Management (CRM), Loyalitas Pelanggan, AUTO 2000, regresi.