Analisis Kualitas Pelayanan Di Bandar Udara Husein Sastranegara PT Angkasa Pura II (Persero) Bandung

Format: Bachelors
Terbitan: #CREATOR_ORGNAME# , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.polban.ac.id\/download.php?id=20238
Daftar Isi:
  • Tugas akhir ini berjudul “Analisis Kualitas Pelayanan di Bandara Husein, PT Angkasa Pura II (Persero) cabang Bandar Udara Husein Sastranegara Bandung. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis tingkat kualitas pelayanan di Bandara Husein Sastranegara, PT Angkasa Pura II (Persero) cabang Bandar Udara Husein Sastranegara Bandung. PT Angkasa Pura II (Persero) adalah perusahaan BUMN yang ada di Indonesia dan merupakan perusahaan yang bergerak dibidang usaha pelayanan jasa kebandarudaraan dan pelayanan jasa terkait bandar udara. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan menggunakan empat teknik pengumpulan data yaitu Studi pustaka, Kuesioner, Wawancara dan Observasi, hasil dari empat teknik tersebut dibuat kuesioner yang hasilnya akan dikaji lebih jelas menggunakan SPSS version 21. Sedangkan penentuan sampelnya yaitu menggunakan rumus unknown populations dan merujuk pendapat Frankel dan Wallen. Penelitian mengenai kualitas pelayanan ini menggunakan sampel yang berjumlah 100 orang responden. Dari hasil analisis frekuensi diketahui bahwa karakteristik pelanggan didominasi oleh perempuan, usia 15-30 tahun dan pekerjaan pegawai swasta. Dari hasil analisis deskriptif diketaui bahwa kelima dimensi kualitas pelayanan yang terdiri dari tangible, reliability, responsiveness, empathy dan assurance memperoleh hasil baik. Hal ini harus terus dipertahankan dan lebih ditingkatkan agar konsumen yang telah menggunakan jasa tersebut merasa puas seingga konsumen tersebut menjadi pelanggan dan loyal. Bahkan dengan adanya kualitas yang baik dapat meningkatkan jumlah pelanggan dan adanya pelanggan baru, sehingga akan berdampak pada meningkatnya keuntungan perusahaan, diantaranya mendapat persepsi baik dari konsumen dan mendapat pemasukan yang lebih meningkat. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Tangible, Reliability, Responsiveness, Empathy, Assurance.