Perbandingan Kinerja Motor Bakar LPG terhadap Motor Bakar Bensin

Format: res
Terbitan: #CREATOR_ORGNAME# , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.polban.ac.id\/download.php?id=26898
Daftar Isi:
  • Penelitian ini diperlukan untuk mengantisipasi diversifikasi penggunaan bahan bakar pada kendaraan bermotor baik itu roda dua maupun roda empat atau lebih dan untuk mengurangi kadar polusi udara. Pada sepeda motor dilakukan pada mesin dengan kapsitas 110 cm3. sedangkan pada mobil dilakukan pada mesin karburator dengan kapasitas 1600 cm3. Bahan bakar alternatif yang digunakan adalah Liquefied Petrolium Gas (LPG) untuk konsumsi rumah tangga. Secara umum pengujian dilakukan terhadap kadar gas buang karbon monoksida (CO) dan hidrokarbon (HC) yang dihasilkan dari proses pembakaran. Pengujian kinerja daya hanya dilakukan pada mesin sepeda motor saja. Pengukuran kadar gas buang dilakukan pada putaran mesin diantara 1.000 sampai dengan 4.000 rotation per minute (rpm). Mesin sepeda motor menghasilkan perbandingan kadar gas buang CO dengan menggunakan bahan bakar LPG/bensin ketika dalam kondisi 1.100, 2.000, 3.000 dan 4.000 rpm rata-rata 0,1/2,52%, 0.04/2,32%, 0.06/2,91% dan 2,07/4,31% secara berturut-turut. Sedangkan untuk kadar gas buang HC rata-rata 671/2.303 ppm, 25/948 ppm, 29/291 ppm dan 103/328 ppm secara berturut-turut. Sedangkan daya yang dihasilkan oleh pembakaran LPG relatif kecil 10% dibandingkan dengan daya yang dihasilkan oleh pembakaran bensin. Dilain pihak, pengujian kadar gas buang hasil LPG pada mesin mobil menggunakan vaporizer branded dan vaporizer hasil penelitian sehingga mesin karburator mobil menghasilkan perbandingan kadar gas buang CO dengan menggunakan bahan bakar bensin/LPG-branded/LPG-penelitian ketika dalam kondisi 1.000, 1.500, dan 2.000 rpm rata-rata 2,93/0,92/2,51%, 1,83/0,61/1,25% dan 1,12/0,32/0,71% secara berturut-turut. Sedangkan untuk kadar gas buang HC rata-rata 756/457/703 ppm, 567/278/515 ppm dan 403/147/329 ppm secara berturut-turut. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kadar gas buang hasil pembakaran LPG lebih baik dibandingkan dengan kadar gas buang hasil pembakaran bensin. Namun demikian daya yang dihasilkan relatif lebih kecil 10% dikarenakan air/fuel ratio (AFR) LPG lebih besar dibandingkan bensin.