PENGARUH INTENSITAS DAN POLA BELAJAR TERHADAP PRESTASI MATA PELAJARAN KOMPETENSI DASAR OTOMOTIF
Main Author: | Yuliyanto, Arif |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Nosel
, 2013
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ptm/article/view/1845 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ptm/article/view/1845/1347 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah (1) Pengaruh intensitas belajar terhadap prestasi belajar, (2) Pengaruh pola belajar terhadap prestasi belajar, (3) Pengaruh intensitas belajar dan pola belajar terhadap prestasi belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Otomotif di SMK Bhinneka Karya Surakarta tahun ajaran 2011-2012. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji analisis regresi linear ganda, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yang terdiri dari uji normalitas, uji linearitas dan uji independensi. Simpulan bahwa intensitas belajar dan pola belajar secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mata pelajaran kompetensi dasar otomotif.