HUBUNGAN PERSEPSI SISWA DAN PERAN BIMBINGAN KONSELING DENGAN MINAT MEMASUKI SMK N 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Main Author: Lugianto, Tri
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Nosel , 2013
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ptm/article/view/1841
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ptm/article/view/1841/1343
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran hubungan persepsi siswa dan peran bimbingan konseling dengan minat memasuki SMK N 2 Surakarta tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode survey dan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas X di SMK Negeri 2 Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X semua jurusan tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 726 siswa. Sampel diambil dengan teknik proporsional random sampling sejumlah 255 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah penyebaran angket. Uji coba angket dilakukan kepada 30 responden dari satu kelas yaitu X TPM D. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi ganda dua prediktor dan teknik korelasi product moment Pearson. Berdasarkan hasil analisis dapat diambil simpulan bahwa terdapat hubungan persepsi siswa dan peran bimbingan konseling terhadap minat memasuki SMK Negeri 2 Surakarta tahun pelajaran 2011/2012. Variabel persepsi siswa memberikan sumbangan relatif 83,8% dan sumbangan efektifnya sebesar 54,1%. Variabel peran bimbingan konseling memberikan sumbangan relatif sebesar 16,2% dan sumbangan efektif sebesar 10,5%. Rekomendasi yang dapat diberikan yaitu SMK Negeri 2 Surakarta perlu meningkatkan strategi promosi sekolah ke masyarakat dan sekolah menengah pertama melalui bagian bimbingan konseling karena strategi promosi yang baik akan mampu meningkatkan kualitas sumber daya input siswa.