PENGARUH JUMLAH KATALISATOR PADA HYDROCARBON CRACK SYSTEM (HCS) DAN JENIS BUSI TERHADAP DAYA MESIN SEPEDA MOTOR YAMAHA JUPITER Z TAHUN 2008

Main Author: Ikhsan, Muadi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Nosel , 2012
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ptm/article/view/1818
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ptm/article/view/1818/1320
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) Menyelidiki pengaruh jumlah katalisator pada Hydrocarbon Crack System (HCS) terhadap daya mesin sepeda motor Yamaha Jupiter Z tahun 2008. (2) Menyelidiki pengaruh variasi jenis busi terhadap daya mesin sepeda motor Yamaha Jupiter Z tahun 2008. (3) Menyelidiki interaksi pengaruh jumlah katalisator pada Hydrocarbon Crack System (HCS) dan variasi jenis busi terhadap daya mesin sepeda motor Yamaha Jupiter Z tahun 2008. Teknik pengumpulan data dengan cara melakukan pengukuran daya mesin, dengan perlakuan penggunaan Hydrocarbon Crack System/HCS (faktor A) dan variasi jenis busi (faktor B), dengan 3 buah taraf pada faktor A dan 2 buah taraf pada faktor B, sehingga dihasilkan 6 buah perlakuan dan setiap perlakuan dilakukan perulangan sebanyak 3 kali sehingga diperoleh 18 data pengukuran daya mesin. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji anava dua jalan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Hydrocarbon Crack System (HCS) dan variasi jenis busi serta komparasi pasca anava untuk mengetahui perbedaan rerata perlakuan manakah yang menghasilkan daya mesin yang paling tinggi.