Strategi Pengembangan Bisnis UMKM Sentra Industri Sepatu Cibaduyut Bandung
Main Author: | Iwan Carialy Irawan, S.E., M.M.1) dan Andina Dwijayanti, S.E., M.M.2) |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
LPPM POLITEKNIK LP3I BANDUNG
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://jurnal.plb.ac.id/index.php/atrabis/article/view/245 https://jurnal.plb.ac.id/index.php/atrabis/article/view/245/147 |
Daftar Isi:
- Kawasan Sentra Industri Sepatu merupakan salah satu potensi ekonomi lokal yang terdapat di Kota Bandung yang mempunyai kulitas untuk berskala nasional dan internasional. Seiring dengan perkembangan zaman, keberadaan industri sepatu Cibaduyut saat ini berada dalam kondisi yang cukup memperihatinkan, dimana jumlah wisatawan atau pengunjung yang berkunjung ke kawasan wisata belanja atau perdagangan Cibaduyut terus mengalami penurunan. Keterbatasan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang manajemen bisnis dan pemasaran yang dimiliki oleh kelompok usaha membuat perlu adanya pemotivasian dan pendampingan terhadap kelompok usaha UMKM agar dapat mengembangkan industry sepatu Cibaduyut secara berkelanjutan. Promosi yang dilakukan Pemerintah Daerah/Pusat juga menjadi permasalahan tersendiri karena generasi muda kita lebih memilih merk dari Negara asing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi perusahaan dalam mengembangkan bisnis Sepatu Cibaduyut menggunakan analisis SWOT, kemudian implemetasi strategi pengembangan bisnis Sepatu Cibaduyut sehingga bisa membantu dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi Sepatu Cibaduyut. Penelitian produk terapan diharapkan dapat merumuskan strategi manajemen bisnis yang tepat bagi kelompok usaha sehingga dapat membantu dalam menghasilkan produk sepatu yang berkualitas, dapat memberikan daya tarik pada pelanggan dan daya dorong bagi UMKM itu sendiri dalam memasarkan, menjual dan mencari produk yang dibutuhkan pasar dalam jangka waktu yang panjang.