ANALISIS PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL TOYOTA NEW AVANZA (Studi Kasus Toyota Auto 2000 Sisingamangaraja)
Main Author: | Lubis, Faisal Afif |
---|---|
Format: | Article info application/zip eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Sumatera Utara
, 2016
|
Online Access: |
https://jurnal.usu.ac.id/index.php/Jurnal_niaga/article/view/12668 https://jurnal.usu.ac.id/index.php/Jurnal_niaga/article/view/12668/5493 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Ekuitas merek terdiri dari beberapa elemen, diantaranya adalah kesadaran merek yaitu kesanggupan seorang calon pembeli untuk mengenali, mengingat kembali suatu merek sebagai bagian dari suatu kategori produk tertentu. Peran kesadaran merek dalam ekuitas merek tergantung pada tingkatan akan pencapaian kesadaran dibenak konsumen. Asosiasi merek yaitu segala kesan yang muncul di benak seseorang terkait dengan ingatannya mengenai suatu merek. Kesan kualitas yaitu persepsi pelanggan terhadap keseluruhan kualitas atau keunggulan suatu produk atau jasa layanan berkaitan dengan apa yang diharapkan oleh pelanggan. Loyalitas merek yaitu ukuran dari kesetiaan konsumen terhadap suatu merek. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian Toyota New Avanza Jenis Penelitian adalah asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pembeli Toyota New Avanza tahun 2014. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder yang diperoleh melalui studi dokumentasi dan kuesioner yang pengukurannya menggunakan skala Likert. Penelitian ini menggunakan 93 responden sebagai sampel penelitian yang ditarik berdasarkan teknik purposive sampling. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini antara lain sebagai berikut: Bagaimana ekuitas merek pada Toyota New Avanza?Bagaimana keputusan pembelian Toyota New Avanza di Auto 2000 SM. Raja?Bagaimana pengaruh ekuitas merek yang terdiri dari variabel kesadaran merek, asosiasi merek, kesan kualitas dan loyalitas merek secara bersama-sama dan parsial berpengaruh positif dan signifikan dalam terhadap keputusan pembelian mobil Toyota New Avanza di Auto 2000 SM. Raja? Hasil penelitian secara simultan bahwa Ekuitas Merek, Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, Kesan Kualitas, dan Loyalitas Merek secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan secara parsial bahwa Loyalitas Merek dan Asosiasi Merek sangat berpengaruh positif dan signifikan parsial dalam pengambilan keputusan pembelian sebagai variabel dependen. Kata Kunci: Ekuitas Merek, Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, KesanKualitas, Loyalitas Merek, Keputusan Pembelian. ABSTRACT Brand equity consists of several elements, such as brand awareness is the ability of a potential buyer to recognize, recall a brand as part of a particular product category. The role of brand awareness in brand equity will depend on the level of achievement of awareness in the minds of consumers. Brand association impression that everything that comes to mind someone associated with his memory about a brand. The impression that the quality of the overall customer perception of quality or excellence of a product or service related to what is expected by the customer. Brand loyalty which is a measure of consumer loyalty to a brand. The purpose of this study was to determine and analyze the influence of brand equity on purchase decisions New Toyota Avanza type of research is associative. The population in this study is the buyer New Toyota Avanza in 2014. The data used are primary and secondary data obtained through the study of documentation and measurement questionnaire using Likert scale. This study uses 93 respondents as the sample is drawn by purposive sampling technique. The formulation of the problem in this research are as follows:1.How is brand equity in New Toyota Avanza?.2.How New Toyota Avanza purchase decision at the Auto 2000 SM.Raja?3.How does the brand equity consists of variable brand awareness, brand association, perceived quality and brand loyalty together and partial positive and significant impact on purchasing decisions in the New Toyota Avanza car at the Auto 2000 SM. Raja? Simultaneous research results that brand equity, brand awareness, brand association, perceived quality, and brand loyalty together positive and significant impact on purchasing decisions. Partially that brand loyalty and brand association is very positive and significant effect in the partial purchase decision as the dependent variable. Keywords: Brand Equity, Brand Awareness, Brand Association, Perceived Quality, Brand Loyalty, Purchase Decision.