Analisis Kelayakan Bahasa dalam Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas X Kurikulum 2013 Terbitan Kemendikbud 2017 Terhadap Tingkat Ketertarikan Belajar Siswa

Main Authors: Desiarna, Sicilia, Nafila , Ulfa , Dafis, Septriyadi, Arisa Putri , Titania , Halimah , Siti , Mukhlis , Muhammad
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: UIR Press , 2022
Subjects:
Online Access: https://journal.uir.ac.id/index.php/sajak/article/view/8771
https://journal.uir.ac.id/index.php/sajak/article/view/8771/4029
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah didalam penelitian ini adalah fakta yang terjadi di dalam dunia pendidikan, masih banyak terdapat masalah yang ditemukan mengenai kasus mengenai uraian materi yang terdapat di dalam buku pendidikan. Salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk permasalahan tersebut adalah dengan cara melakukan perbaikan terhadap penyajian buku pelajaran terutama terhadap aspek kelayakan bahasa. Rumusan masalah didalam penelitian ini adalah bagaimanakah kelayakan bahasa pada buku teks Bahasa Indonesia Kelas X kurikulum 2013 terbitan Kemendikbud 2017 terhadap tingkat ketertarikan belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kelayakan bahasa pada buku teks Bahasa Indonesia Kelas X kurikulum 2013 terbitan Kemendikbud 2017 terhadap tingkat ketertarikan belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan melewati tahapan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahawa kelayakan bahasa pada buku teks Bahasa Indonesia Kelas X kurikulum 2013 terbitan Kemendikbud 2017 pada aspek kesesuaian terhadap kaidah bahasa indonesia telah memenuhi standar kelayakan bahasa yang telah ditetapkan.
  • The background of the problem in this study is a fact that occurs in the world of education, there are still many problems found regarding cases regarding the description of the material contained in educational books. One solution that can be done for this problem is to make improvements to the presentation of textbooks, especially to the aspect of language feasibility. The formulation of the problem in this study is how the appropriateness of the language in the Indonesian Class X textbooks, the 2013 curriculum published by the Ministry of Education and Culture in 2017 on the level of student interest in learning. The purpose of this study was to describe the appropriateness of the language in Indonesian Class X textbooks, 2013 curriculum published by the Ministry of Education and Culture in 2017 on the level of student interest in learning. This study uses a qualitative descriptive method, with data collection in this study using documentation techniques. Data analysis was carried out by passing the stages of data reduction, data presentation and verification. The results of the study indicate that the feasibility of the language in the Indonesian Language Textbook Class X Curriculum 2013 published by the Ministry of Education and Culture 2017 on the aspect of conformity to Indonesian language rules has met the language eligibility standards that have been set.