Pelaksanaan Pembelajaran Daring oleh Guru Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Atas Kecamatan Tenayan Raya Pekanbaru
Main Authors: | Yesi Safitri, Nazirun |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
UIR Press
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://journal.uir.ac.id/index.php/sajak/article/view/8241 https://journal.uir.ac.id/index.php/sajak/article/view/8241/4027 |
Daftar Isi:
- Latar belakang dalam penelitian ini yaitu pembelajaran daring membuat guru yang berusia di atas 50 tahun ke atas kewalahan dalam mengikuti perkembangan teknologi pada pembelajaran daring. Namun hal ini menjadi pengetahuan dan keterampilan guru dalam pelaksanaan pembelajaran daring. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dengan teknik pengumpulan data wawancara, dan teknik analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring masih sama dengan pembelajaran tatap muka secara langsung, yaitu dari komponen perencanaan, komponen pelaksanaan, dan komponen evaluasi masih tetap dilakukan. Pelaksanaan pembelajaran daring sudah terlaksana cukup baik. Hal ini disebabkan guru telah mempersiapkan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Namun, pembelajaran daring memiliki kendala dalam pelaksanaannya kondisi jaringan yang tidak stabil dan kesulitan peserta didik memahami materi pembelajaran adalah tantangan tersendiri dalam pembelajaran daring.
- The background in this study is that online learning makes teachers aged over 50 years and over overwhelmed in following technological developments in online learning. However, this becomes the knowledge and skills of teachers in the implementation of online learning. The research method used in this study is a descriptive method, with interview data collection techniques, and descriptive data analysis techniques. The results showed that the implementation of online learning was still the same as face-to-face learning, namely from the planning component, implementation component, and evaluation component. The implementation of online learning has been carried out quite well. This is because the teacher has prepared lesson plans, implementation of learning, and evaluation of learning. However, online learning has obstacles in its implementation, unstable network conditions and difficulties for students to understand learning materials are challenges in online learning.