PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS KEPALA MADRASAH TERHADAP KINERJA GURU

Main Author: Adiyono, Adiyono
Format: Article info Document Journal
Bahasa: eng
Terbitan: STIT IBNU RUSYD TANAH GROGOT PRODI PEND. AGAMA ISLAM , 2022
Online Access: https://ejournal.stitibnurusyd-tgt.ac.id/index.php/FIK/article/view/56
https://ejournal.stitibnurusyd-tgt.ac.id/index.php/FIK/article/view/56/40
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Gambaran Umum Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah MA Al-Ihsan Kabupaten Paser, Kinerja Guru, dan Pengaruhnya Terhadap Gaya Kepemimpinan Demokratis Pemimpin Madrasah terhadap Kinerja Guru MA Al-Ihsan. Survei ini merupakan survei kuantitatif dengan pendekatan ex post facto. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh guru MA Al-Ihsan Kab. Paser sebanyak 27 orang. Peralatan survei menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji analisis prasyarat dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, gaya kepemimpinan demokratis Kepala Madrasah sangat tinggi, yaitu 88,88%. Kedua, guru kategori tinggi mencapai 55,56% dan kategori sedang mencapai 44,44%. Ketiga, terdapat pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan demokratis kepala madrasah terhadap kinerja guru MA Al-Ihsan. Hal ini ditunjukkan pada Hitung> Tabel (0,796> 0,277).