PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS KEPALA MADRASAH TERHADAP KINERJA GURU
Main Author: | Adiyono, Adiyono |
---|---|
Format: | Article info Document Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
STIT IBNU RUSYD TANAH GROGOT PRODI PEND. AGAMA ISLAM
, 2022
|
Online Access: |
https://ejournal.stitibnurusyd-tgt.ac.id/index.php/FIK/article/view/56 https://ejournal.stitibnurusyd-tgt.ac.id/index.php/FIK/article/view/56/40 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Gambaran Umum Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah MA Al-Ihsan Kabupaten Paser, Kinerja Guru, dan Pengaruhnya Terhadap Gaya Kepemimpinan Demokratis Pemimpin Madrasah terhadap Kinerja Guru MA Al-Ihsan. Survei ini merupakan survei kuantitatif dengan pendekatan ex post facto. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh guru MA Al-Ihsan Kab. Paser sebanyak 27 orang. Peralatan survei menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji analisis prasyarat dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, gaya kepemimpinan demokratis Kepala Madrasah sangat tinggi, yaitu 88,88%. Kedua, guru kategori tinggi mencapai 55,56% dan kategori sedang mencapai 44,44%. Ketiga, terdapat pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan demokratis kepala madrasah terhadap kinerja guru MA Al-Ihsan. Hal ini ditunjukkan pada Hitung> Tabel (0,796> 0,277).