Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTsN 1 Wakatobi

Main Authors: Iriana, Artati, Armin, Armin
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Dayanu Ikhsanuddin , 2021
Subjects:
Online Access: https://www.ejournal.lppmunidayan.ac.id/index.php/matematika/article/view/384
https://www.ejournal.lppmunidayan.ac.id/index.php/matematika/article/view/384/254
Daftar Isi:
  • The purpose of this research was to find out the effect of emotional intelligence on mathematics learning uchievement of grade VII students of MTSN I Wakatobi. This research weas an Ex-post Facto reseach. Population in this rescarch was all of grade VII students of MT'sN I Wakatobi consisting 5 classes of 130 students. Sample taken was 40% or 52 students from the total populution, Technique dater collection in this research used questionnaire und documentution. Research outcome showed that: 1) hased om the result of descriptive analysis obtained the level of students' emotional intelligence in general was still in medium category. There were 13.46% students in the ugh category. 67.30% students in the medium category and 19.23% students in low category: 2) the level of students' achievement in general was still in melium category where 17.30% students were in high category, 61.53% students were in medum category and 21.15% were in low category; 3) based on the result of calculation using simple regression obtained linear regression equation Y - 69.320 ยท 0.0671. It could be concluded that simultaneously there was no effect of emotional mtelligence on learning achievement, it could be seen at F count was 1.037 F table was 4.03. While partially, emotional intelligence has no effect on learning achievement, it could be seen at the value of t count was 1.018 - n table was 2.008.
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII MTsN 1 Wakatobi. Penelitian ini merupakan penelitian Ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN 1 Wakatobi yang terdiri atas 5 kelas sebanyak 130 orang siswa. Sampel yang diambil adalah sebanyak 40% atau 52 orang siswa dari jumlah populasi.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Dari hasil analisis deskriptif data menunjukkan bahwa tingkat kecerdasan emosional siswa secara umum masih dalam kategori sedang. Dimana sebanyak 13,46% siswa berada dalam kategori tinggi, sebanyak 67,30% siswa berada dalam kategori sedang dan sebanyak 19,23% siswa berada dalam kategori rendah. Sedangkan untuk tingkat prestasi belajar matematika siswa secara umum masih dalam kategori sedang pula. Dimana sebanyak 17,30% siswa berada dalam kategori tinggi, sebanyak 61,53 % berada dalam kategori sedang dan sebanyak 21,15% berada dalam kategori rendah. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan regresi sederhana diperoleh persamaan regresi linear: Y = 69,320 + 0,067X. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan yaitu secara simultan tidak terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar, ini dapat dilihat pada nilai F hitung sebesar 1,037 yang lebih kecil dari F tabel sebesar 4,03. Sedangkan secara parsial, kecerdasan emosional tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar, ini dapat dilihat pada nilai t hitung sebesar 1,018 yang lebih kecil dari nilai t tabel sebesar 2,008.