Pengaruh Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS-Heuristik) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 38 Buton

Main Authors: Iriana, Artati, Safrudin, Safrudin
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Dayanu Ikhsanuddin , 2020
Subjects:
Online Access: https://www.ejournal.lppmunidayan.ac.id/index.php/matematika/article/view/192
https://www.ejournal.lppmunidayan.ac.id/index.php/matematika/article/view/192/61
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS-Heuristik) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 38 Buton. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen yang dilakukan di SMP Negeri 38 Buton dengan mengambil sampel 19 siswa Kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan 19 siswa Kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian menggunakan angket dan posttest dan di analisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian diperoleh t hitung (2,268)>t tabel (2,02809) dengan taraf signifikan 5%, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS-Heuristik) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 38 Buton. Kemudian terlihat nilai signifikansi 2 arah (t-tailed) 0.029<  0.05, sehingga terdapat perbedaan skor point yang berarti antara kelas ekperimen dan dan kelas control.