Pengaruh Pembelajaran dengan Teknik Scaffolding Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Negeri 4 Baubau

Main Authors: Rasmuin, Rasmuin, Ningsi, Trisna Agus
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Dayanu Ikhsanuddin , 2020
Subjects:
Online Access: https://www.ejournal.lppmunidayan.ac.id/index.php/matematika/article/view/191
https://www.ejournal.lppmunidayan.ac.id/index.php/matematika/article/view/191/60
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan teknik scaffolding terhadap kemampuan representasi matematis siswa SMP Negeri 4 Baubau. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan eksperimen dengan desain posttest-only control group desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Baubau tahun ajaran 2019/2020 dan terdiri dari 14 kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan sample random sampling yaitu siswa kelas VIII.6 dan siswa kelas VIII.4 yang berjumlah 31 siswa untuk setiap kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa essay tes kemampuan representasi matematis siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial dalam bentuk uji-t. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: 1) hasil tes untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata yaitu 83,87; 2) hasil tes untuk kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata yaitu 63,7; 3) dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh thitung = 7,756 dan diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,050 sehingga disimpulan H0 ditolak. Dengan demikian penerapan pembelajaran dengan menggunakan teknik scaffolding berpengaruh sevara signifikan terhadap kemampuan representasi matematis siswa SMP Negeri 4 Baubau.