Efektifitas Penggunaan Alat Peraga Geoboard Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Pada Pokok Bahasan Bangun Datar

Main Authors: Anwar, Anwar, Nurmina, Nurmina
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Dayanu Ikhsanuddin , 2019
Subjects:
Online Access: https://www.ejournal.lppmunidayan.ac.id/index.php/matematika/article/view/177
https://www.ejournal.lppmunidayan.ac.id/index.php/matematika/article/view/177/47
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar matematika siswa setelah proses pembelajaran dengan menggunakan alat peraga geoboard pada materi bangun datar. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri 15 GU tahun ajaran 2018/2019 dan sampel dalam penelitian ini adalah keseluruhan populasi, hal ini di sebabkan karena jumlah kelas V SD Negeri 15 GU hanya terdiri dari dua kelas dengan jumlah siswa 40 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan instrumen penelitian berupa tes bidang studi matematika yang diberikan pada awal dan akhir perlakuan. Hasil penelitian yang diperoleh: 1) rata-rata hasil belajar siswa pada tes awal kelas eksperimen sebesar 51,25; 2) rata-rata hasil belajar siswa pada tes awal kelas kontrol sebesar 48,50; 3) rata-rata hasil belajar siswa pada tes akhir kelas eksperimen sebesar 82; 4) rata-rata hasil belajar siswa pada tes akhir kelas kontrol sebesar 65,50; 5) berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan uji t diperoleh nilai thitung = 4,744 dan nilai ttabel = 1,6850. Apabila dibandingkan thitung dengan ttabel, maka thitung > ttabel sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar antara siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan alat peraga geoboard dan siswa yang tidak menggunakan alat peraga geoboard.