Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kualitas Pelayanan Universitas Sam Ratulangi Menggunakan Analisis Faktor

Main Authors: Lombone, Ivenly; Jurusan Matematika, FMIPA, Unsrat, Manado, Paendong, Marline S.; Jurusan Matematika, FMIPA, Unsrat, Manado, Langi, Yohanes; Jurusan Matematika, FMIPA, Unsrat, Manado
Format: Article application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Sam Ratulangi University , 2012
Online Access: http://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jmuo/article/view/431
Daftar Isi:
  • Penelitian dilakukan untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa terhadap kualitas pelayanan Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT), mencari faktor-faktor penentu kepuasan dan faktor yang bersifat dominan terhadap kualitas pelayanan UNSRAT dan mencari indikator-indikator penyusun faktor dominan tersebut. Data diperoleh dengan membagikankuesioner kepada mahasiswa di 11 fakultas UNSRAT pada bulan Mei-Juni 2012 sebagai responden. Jumlah sampel yang diambil berjumlah 391 mahasiswa. Data dianalisis menggunakan Analisis Deskriptif dan Analisis Faktor untuk memperoleh gambaran tentang faktor-faktor yangmempengaruhi kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan Universitas Sam Ratulangi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa cukup puas dengan pelayanan yang diberikan oleh UNSRAT dengan faktor dominan yang menentukan kepuasan mahasiswa adalah kepastian.