Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA Di SDN 15 Banawa Selatan
Main Author: | Asriani, Asriani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/726/1/SKRIPSI%20ASRIANI%20PDF.pdf http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/726/ |
Daftar Isi:
- Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada mata pelajaran IPA yaitu dapat meningkatkan minar belajar peserta didik dalam proses pembelajaran yang berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Langkah-langkah model pembelajaran kooperatif tipe make a match terlebih dahulu guru menyiapkan perangkat pembelajaran, menyampaikan tujuan pembelajaran, serta menyampikan manfaat dari pelajaran tersebut. Selanjutnya guru menjelaskan materi kemudian menyiapkan kartu-kartu yang terdiri dari kartu jawaban dan pertanyaan, kemudian membagi kartu tersebut kepada peserta didik, setiap peserta didik mendapat satu buah kartu, peserta didik mencari pasangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartunya, guru memberikan poin bagi setiap pasangan yang dapat mencocokkan kartunya sebelum batas waktu yang ditetapkan. Kendala yang dihadapi dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match yaitu kemampuan peserta didik yang terbatas, dan motivasi peserta didik yang mulai menurun pada saat jam terakhir pembelajaran. Sedangkan solusi yang dilakukan guru adalah meningkatkan kemampuan peserta didik dan memberikan motivasi.