Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Scramble Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di SDN Inpres Baru Palu Barat

Main Author: Azizah, Azizah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/574/1/AZIZAH.pdf
http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/574/
Daftar Isi:
  • Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif scramble pada mata pelajaran bahasa Indonesia yaitu dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam proses pembelajaran dan berpengaruh pula terhadap hasil belajar peserta didik yang semakin meningkat. Model pembelajaran kooperatif scramble dilaksanakan dengan langkah-langkah dimulai dengan terlebih dahulu guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok, kemudian menyiapkan wacana dan menyiapkan kartu soal beserta kartu jawaban yang telah diacak sedemikian rupa, setelah itu guru membagikan kartu soal dan kartu jawaban tersebut kepada masing-masing kelompok peserta didik. Peserta didik dalam kelompok masing-masing mengerjakan kartu soal dan mencari kartu jawaban yang cocok, kemudian peserta didik menempelkan kartu jawaban tersebut pada papan tulis dalam waktu yang telah ditentukan, yang lebih dahulu menyelesaikan soal dan jawabannya benar semua maka itulah pemenangnya. Kendala yang dihadapi dalam penerapan model pembelajaran kooperatif scramble yaitu memerlukan waktu yang banyak dalam membuat media, jumlah dan kemampuan peserta didik yang berbeda-beda, serta kondisi kelas yang ribut menganggu kelas yang berdekatan. Sedangkan solusi yang dilakukan guru adalah merencanakan dan mempersiapkan segala hal yang berkaitan dengan model pembelajaran kooperatif scramble secara matang, mengetahui setiap karekter dan kemampuan peserta didik, dan senantiasa memantau serta mengkondisikan peserta didik di dalam kelas.