Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis HOTS (Higher Order Thingking Skills) Pada Kurikulum 2013 di SMA Negeri 2 Palu
Daftar Isi:
- Artikel ini membahas implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis HOTS (Higher order thingking skills). Tulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang diperoleh dari data sekunder dan primer, yang relevan dengan permasalahan yang diteliti. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sejauh ini implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam berasis HOTS (higher order thingking sklills) pada kurikulum 2013 di SMA Negeri 2 Palu ketika dilihat dari kurikulum pembelajarannya sudah berjalan dengan baik terbukti dengan memiliki perencanaan cukup baik, pelaksanaan pembelajaran sesuai perangkat pembelajaran serta dengan adanya ketersediaan fasilitas yang memadai. Akan tetapi jika dilihat dari impelemntasi pembelajaran berbasis HOTSnya belum terlaksana sebagamana tuntunan kurikulum 2013 karena tidak semua guru pendidikan agama Islam di SMA Negeri 2 Kota Palu paham mengenai pembelajaran berbasis HOTS terkhusus dalam menggunakan model-model pembelajaran berbasis HOTS