Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Nilai Multikultural Di SMA Negeri 4 Palu

Main Author: Amiruddin, Amiruddin
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/1409/1/amiruddin.pdf
http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/1409/
Daftar Isi:
  • Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Desain pengembangan model pembelajaran yaitu a) menentukan nilai-nilai multikultural, yang terintegrasi pada pelajaran Pendidikan Agama Islam, b) silabus, c) RPP, d) menggunakan metode dan model pembelajaran PAI yang berbasis nilai multikultural,.dan c) melakukan penilaian terhadap proses aktivitas belajar, yang merupakan tindak lanjut pembelajaran, Adapun pendekatan pengembangan model pembelajaran yakni Pendekatan keadilan dan kesetaraan tanpa membeda-bedakan yang disebut cultural pluralism, yaitu memberikan kesempatan dan kebebasan pada semua elemen untuk menunjukkan dan mengembangkan identitasnya masing-masing, baik dari bahasa, suku, etnis, agama dan sebagainya. Sedangkan mengembangkan model pembelajaran pedidikan Agama Islam berbasis nilai multikultural karena a) pendidikan multikultural bukan suata mata pelajaran khusus, b) mengedepankan kesetaraan diantara peserta didik yang berbeda latar belakang, c) adanya berbagai keragaman peserta didik yang menyebabkan terjadi kesalah pemahaman yang dapat menimbulkan pertikaian antar sesama teman